Senin, 24 Desember 2012

Bob Sadino Pengusaha Sukses Indonesia


Ini Biografi dan Profil Bob Sadino Pengusaha Sukses Indonesia

 

Lahir di Lampung, pada 9 Maret 1933, seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan, beliau adalah Bob Sadino. Ia merupakan pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Pada banyak kesempatan, ia sering tampak memakai kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino terlahir di sebuah keluarga yang berkecukupan. Ia merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Ketika orang tuanya meninggal, Bob yang saat itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain dianggap sudah hidup mapan.
Bob lalu menghabiskan sebagian uangnya untuk berkeliling dunia.
Dalam perjalanannya itu, Bob singgah di Belanda kemudian menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di Belanda, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam di Hamburg, Jerman. Saat tinggal di Belanda itu, ia bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Biografi Pengusaha Sukses di tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Tanah air. Ia juga membawa 2 Mercedes miliknya, produksi tahun 1960-an. Salah satu mobil tersebut ia jual untuk membeli sebidang tanah di daerah Kemang, Jak-Sel sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia punya tekad mandiri untuk mambangun usaha sendiri.
Pekerjaan awal yang digelutinya setelah keluar dari perusahaan yaitu menyewakan mobil Mercedes yang ia punya, bahkan Bob sendiri yang menjadi sopirnya. Tapi sayang, suatu ketika ia ditimpa musibah kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tidak punya cukup uang untuk memperbaikinya, Ia pun beralih pekerjaan jadi tukang batu. Upahnya waktu itu hanya Rp.100. Ia pun sempat mengalami depresi karena tekanan hidup yang dialaminya ini.
Suatu ketika, salah seorang temannya menyarankan Bob untuk memelihara ayam untuk mengurangi depresi yang dialaminya. Ia pun tertarik. Saat beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam yang ia ternankkan. Iapun mendapat ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup, tentu manusia pun juga demikian.
Sebagai peternak, Bob dan istrinya tiap hari menjual beberapa kilogram telor. Dalam waktu satu setengah tahun, ia bersma sang istri punya banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka lancar berbahasa Inggris. Merekapun tinggal di daerah Kemang, Jakarta, dimana terdapat banyak orang asing.
Tak jarang mereka dimaki oleh pelanggan. Tapi mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Lama kelamaan Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. Tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek menjadi cirri khasnya.
Bisnis pasar swalayannya berkembang pesat, merambah ke agribisnis, mengelola kebun sayur-mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu bob juga menjalin kerjasama dengan para petani di berbagai daerah.
Ia percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tak semulus yang dikira. Bob dan istrinya sering jungkir balik. Namun, baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani cepat dalam menangkap peluang.
Semoga Contoh Biografi Pengusaha Sukses bisa menginspirasi kita semua.

2 komentar: