Sabtu, 19 Januari 2013

'Pulang', Novel Terbaru Leila S Chudori dengan Latar Sejarah Politik

 Jakarta - Buku yang ditulis pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2012 itu merupakan novel drama keluarga, persahabatan, cinta sekaligus pengkhianatan dengan latar belakang Indonesia 30 September 1965, Prancis Mei 1968, dan Indonesia Mei 1998. Cerita utama berpusat pada tokoh bernama Dimas Suryo, seorang eksil politik, yang berada langsung saat gerakan mahasiswa berkecamuk di Paris.
Sampai akhirnya Dimas terhadang untuk kembali ke Indonesia setelah meletusnya peristiwa 30 September 1965. Paspornya dicabut sehingga tidak bisa pulang ke tanah air.

"Karya ini tentang orang-orang yang ada di luar saya, saya tidak mengalami kejadian itu. Mereka (yang tinggal di luar negeri) waktu itu hanya ingin pulang ke Indonesia tapi tidak bisa karena paspor mereka dicabut," ucap sang penulis dalam peluncuran novel terbarunya di Goethe House Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/12).

Novel dengan tebal 464 halaman itu dibuat agak lama karena Leila harus dua kali mengunjungi kota Paris untuk mewawancarai para eksil politik yang ada di Restoran Indonesia itu. Wanita kelahiran 12 Desember 1962 juga mencari info-info dari buku serta literatur sejarah untuk membuat karya tersebut.

"Akurasi sejarah menjadi kendala buat saya untuk menulis buku ini. Kita harus tahu detail-detailnya karena novel ini menceritakan tahun 1960-an sampai 1998. Saya banyak bertanya-tanya ke sejarahwan dan saksi mata langsung terkait masalah ini," ungkapnya.

Respons positif pun datang dari dua senias tanah air Indonesia yaitu Slamet Rahardjo dan Joko Anwar tentang buku tersebut. "Saya melihat (buku) ini catatan dari perjalanan bangsa. Saya tidak lihat dari sisi politik, tapi saya melihat buku ini dari sudut manusianya," kata Slamet.

"Ini buku bagus. Saya memang udah nge-fans berat sama Leila termasuk buku sebelumnya (9 Dari Nadira). Kalau ditanya untuk dibikin film sepertinya berat ya," jelas Joko.

Novel 'Pulang' akan mengambil dua setting tempat yaitu negara Indonesia dan Prancis. Buku yang didistribusikan oleh KPG itu sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat.



sumber : detikhot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar