Kamis, 21 Februari 2013

Hal Yang Perlu Diketahui Saat Akan Menggeluti Usaha Warnet Dan Game Online

Warnet dan Game online merupakan salah satu usaha dibidang teknologi untuk memberikan fasilitas kebutuhan internet dan game online kepada konsumen. Melakukan usaha warnet tidak bisa dianggap enteng karena membutuhkan modal yang mumpuni. Maka dari hal tersebut kita harus benar-benar mengatur pola-pola penting dalam menjalankan usaha warnet. Saat ini bisa kita lihat bahwa perkembangan warnet semakin pesat mengingat peluang tersebut sangatlah berprospek untuk kedepannya. Perkembangan internet dan game online akan terus maju dengan program-program baru yang dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen pecinta internet ataupun game online.


Bagi anda yang berminat menggeluti usaha warnet berikut ini beberapa hal yang harus benar-benar anda persiapkan :

Komputer
Komputer merupakan kepentingan utama dalam menggeluti bisnis warnet dan game online. Karena tanpa komputer tentunya usaha tidak akan jalan. Dalam hal ini anda harus mempertimbangkan kebutuhan tipe warnet seperti apa yang akan anda geluti sesuai dengan target pasar anda. Anda dianjurkan untuk membeli komputer rakitan sesuai dengan spesifikasi yang mumpuni sesuai kebutuhan anda. Misal anda ingin membuka warnet sekaligus game online, maka spesifikasi komputer usahakan mencari yang sekiranya cocok dan mampu bertahan serta tidak tersendat-sendat ketika dioperasikan. Kelancaran dalam pengoperasian sebuah komputer sangat mempengarhi daya tarik konsumen.
Lokasi
Hal berikutnya yang perlu anda jadikan pertimbangan yaitu lokasi usaha warnet yang ingin anda tempati. Lokasi sangat mempengaruhi suatu usaha, apalagi usaha yang bersifat baru dan belum memiliki nama sebelumnya. Lokasi yang cocok untuk usaha ini tentunya ditempat yang ramai misalkan dekat area sekolahan, pusat kota, pinggir jalan raya, atau bahkan kampung namun yang sekiranya banyak warga biasanya anak muda yang tertarik terhadap kebutuhan internet.
Fasilitas
Fasilitas juga menjadi factor penunjang dalam melakukan bisnis warnet. Dengan fasilitas yang lengkap serta tempat yang nyaman maka konsumen akan merasakan betah di warnet anda. Fasilitas bukan berarti harus terlalu mewah, namun kelengkapan seperti terdapat toilet, AC, headset, kabel data, menjual makanan ringan dan softdrink dll. Hal tersebut tentu akan memanjakan konsumen untuk tetap setia menggunakan layanan warnet anda. Meskipun pemilihan lokasi ditempat keramaian, usahakan suasana didalam warnet anda tercipta suasana yang tenang dan tidak terlalu bising. Terkadang seseorang konsumen membutuhkan konsentrasi saat menggunakan layanan internet.
Keuangan
Dalam suatu bisnis apapun, keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk diatur. Buatlah rincian keuangan setiap harinya untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan kebutuhan warnet anda. Hal sekecil apapun itu bila untuk kepentingan warnet dan terjadi transaksi usahakan selalu memasukkannya dalam daftar keuangan anda. Buatlah daftar keuangan yang mudah anda pahami. Tidak usah membuat jurnal keuangan yang berlevel atas namun sulit untuk anda pantau dan pahami. Itu justru akan mempersulit anda sendiri. Buatlah yang sekiranya sederhana namun valid dan mudah untuk anda pahami. Yang terpenting adalah laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran harus jelas.
Berikut diatas merupakan sedikit gambaran tips usaha warnet dan game online bagi anda yang ingin menggelutinya. Selain hal diatas mungkin masih ada lagi yang harus anda pertimbangkan seperti jam buka warnet, gaji karyawan dll. Namun pertimbangan utama adalah hal-hal yang terantum diatas, karena beberapa hal diatas merupakan kebutuhan penting atau kebutuhan pokok yang perlu dipertimbangkan dengan teliti dalam membangun usah warnet dan game online. Semoga sedkit ulasan diatas dapat anda jadikan pertimbangan dan dapat bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar