Jumat, 11 Januari 2013

Angin Kencang dan Gelombang Pasang Rusak Puluhan Rumah di Seram dan Bima

Dampak siklon tropis Narelle telah menyebabkan berbagai bencana hidrometeorologi. Berdasarkan pantauan bencana di berbagai daerah terjadi banjir, longsor, puting beliung, angin kencang, dan gelombang pasang.
Pada Jumat (11/1) pukul 05.30 Wit, angin kencang menerjang Dsn. Dulak Negeri Ondor, Kec. Pulau Gorom, Kab. Seram Bagian Barat, Prov.
Maluku. Dampaknya 23 rumah roboh dan 20 rumah rusak sedang. 53 KK (265 jiwa) mengungsi ke tempat yang aman.
Saat ini mereka sudah kembali ke rumahnya. Sedangkan masyarakat yang rumahnya roboh menumpang kerabatnya. BPBD Kab. Seram Bagian Barat berada di lokasi memberikan bantuan kepada masyarakat. Tidak ada korban jiwa.
Di tempat lain, pada Jumat (11/1) pukul 07.30 Wita, terjadi gelombang pasang dan angin kencang yang menerjang Ds. Sangiang  Kec. Wera Kab. Bima, Prov. NTB. Korban jiwa nihil. Kerugian material 40 rusak dan kerusakan jalan yang menghubungkan Wena ke Bima. BPBD Bima dan SKPD terkait telah berada di lokasi melakukan tanggap darurat dan melakukan pemantauan.
Diperkirakan cuaca ekstrem akibat pengaruh siklon tropis Narelle masih berlangsung hingga 2 hari ke depan. Masyarakat dihimbau untuk terus siapsiaga dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya terkait ancaman bencana yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar