Jumat, 04 Januari 2013

Arkeolog Temukan Makam Tua di Areal Situs Gunung Padang

ref.detikNews

Jakarta - Situs megalitik Gunung Padang menjadi buah bibir setelah sejumlah peneliti dari berbagai disiplin ilmu berupaya menguak secara scientific situs yang diperkirakan berusia 500 tahun sebelum masehi tersebut. Baru-baru ini, arkeolog menemukan deretan makan tua yang ada di punden berundak tersebut.

Adalah Ali Akbar, Arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) yang menemukan kelompok makam di dalam area penelitian situs yang ada di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sekitar 50 KM dari Kota Cianjur, Jawa Barat.
"Makam itu ada di tenggara teras kelima (teras puncak) Gunung Padang, agak menurun sedikit, ada beberapa makam di sana," kata Ali saat berbincang dengan detikcom, Kamis (3/1/2013).

Berdasarkan pengamatannya, makam tersebut ada di areal situs megalitik sekitar tahun 1900-an. Dari beberapa makam yang ada, terdapat satu makam yang sedikit memberikan gambaran mengenai keberadaan makam dari sepasang nisan makam tersebut.

"Bila dilihat dari bentuk makamnya, itu adalah makam Islam. Satu nisan bertuliskan huruf latin dan satunya lagi bertuliskan huruf Arab," terangnya.

Dari batu nisan itu tertulis Hadi Winata yang wafat pada tahun 1947 yang wafat di usia 68 tahun, artinya lahir pada tahun 1879 masehi. Di nisan lainnya, masih di makam yang sama, tertulis huruf Arab dan terdapat keterangan tahun hijriyah, yaitu 1356 H. Menurut Ali, dirinya masih meneliti keterkaitan keterangan tahun Hijriyah yang tertera dengan tahun masehi di nisan tersebut.

"Bila di nisan tulisan Arab tertulis Prabu," terang Ali. Dia menambahkan, kemungkinan jasad yang dimakamkan itu merupakan dari golongan bangsawan bila sekilas diamati dari nama latin yang tercantum di nisan dan juga tulisan 'Prabu' di nisan berhuruf Arab.

Namun sayang, para peneliti belum bisa menaksir usia makam lainnya yang ada di areal Gunung Padang. "Ada yang lebih tua lagi, tapi tidak ada tulisan di nisannya, jadi belum bisa diprediksi berapa usia makam itu," ujarnya.

Terkait penemuan tersebut, Ali sudah melaporkannya ke tim penelitian untuk kemudan ditindaklanjuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar